Like Us

WASPADAI GEJALA INI BISA JADI ITU PENYAKIT STROKE !


Stroke termasuk kedalam penyakit mematikan setelah jantung. Seseorang yang menderita stroke biasanya memiliki tahapan perkembangan penyakit. Itu semua tergantung dari bagian otak yang terkena gangguan. Seseorang penderita stroke pada umumnya akan mengalami kelumpuhan lengan, tungkai atau salah satu bagian pada tubuh.  Stroke juga bisa menyebabkan depresi atau ketidak mampuan seseorang untuk mengendalikan emosi. Banyak penderita yang mengalami kesembuhan dan banyak juga penderita yang mengalami kelumpuhan fisik, mental, tidak mampu bergerak, mengalami gangguan berbicara dan kesulitan melakukan aktivitas lainnya secara normal.

Sebagian besar seseorang yang menderita stroke, akan menga kelumpuhan separuh badan dan gejala berat lainnya. Yang paling berbahaya dari penyakit ini adalah stroke disertai dengan penurunan kesadaran dan gangguan pernapasan  atau gangguan fungsi jantung.

Stroke juga berkaitan dengan gangguan pada pembuluh darah. Apabila ada gangguan pada pembuuh darah menuju otak, maka penderita akan mengalami gangguan saraf sesuai pada bagian otak yang diserang.  Gangguan yang muncul dapat berupa lumpuh sebelah pada anggota tubuh, berkurangnya kekuatan bagian anggota tubuh, gangguan bicara, dan gangguan rasa kesemutan pada wajah, lengan atau tungkai. Ada beberapa faktor penyebab stroke diantaranya adalah :

  • Merokok Dan Kurang Aktivitas Fisik

Rokok banyak mengandung nikotin yang menyebabkan plak pada pembulh darah sehingga akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Pada orang yang kurang beraktifitas, pembuluh darah juga akan menjadi kaku.

  • Penggunaan Obat-Obatan Terlarang

Obat-obatan terlarang tentunya juga membawa banyak dampak efek negative bagi tubuh. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan terlarang juga akan mempersempit pembuluh darah ke otak dan dapat menyebabkan penyakit stroke.

  •  Obesitas atau Kegemukan
Kegemukan  adalah faktor pemicu timbulnya penyakit stroke. Hal ini dikarenakan peningkatan kadar kolestrol yang mengakibatkan gangguan penyumbatan pada pembuluh darah. Salah satunya adalah pembuluh darah pada otak.

  • Hipertensi Atau Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi sangat erat kaitannya dengan stroke, karena terdapat gangguan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menuju otak akan terganggu.

  • Sering Mengonsumsi Makanan Siap Saji
Dengan mengonsumsi makanan siap saji, tentunya  sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan makanan siap saji memiliki zat yang dapat merugikan bagi tubuh seperti penyedap rasa dan zat pewarna.  Makanan siap saji juga sarat dengan lemak dan kolestrol yang rendah serat dan dapat membawa dampak negatif bagi pembuluh darah menuju otak, sehingga dapat menyebabkan stroke.


EmoticonEmoticon